Rabu, 26 Maret 2008

Kurikulum merupakan kunci utama penjamin terselenggaranya pendidikan formal. Ditetapkannya Permendiknas nomor 22 dan 23 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menunjukkan terjadinya perubahan dalam hal struktur, isi dan penerapan kurikulum pengajaran di sekolah. Saat ini, kurikulum yang diyatakan berlaku secara nasional di Indonesia adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tim pemandu lokalatih dari The CBE hadir menjadi pihak yang terdepan dalam memfasilitasi publik, terutama para pihak penyelenggara layanan pendidikan formal di semua jenjang dan satuan pendidikan agar mampu merancang dan menerapkan KTSP sesuai kaidah yang tepat sehingga dapat memetik hasil yang melimpah bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam satuan pendidikan yang telah dilatih tersebut.
detail
LOKALATIH DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah merupakan institusi baru dalam ranah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Kelahiran kedua institusi ini merupakan wujud nyata dari serangkaian agenda besar Otonomi Daerah di bidang Penyelenggaraan Layanan Pendidikan. Namun masih banyak pihak, terutama para pemangku kebijakan yang saat ini berperan sebagai pejabat baru di dalam kedua institusi tersebut masih mengalami kegamangan dalam memainkan peranan serta merumuskan kerja-kerja nyata yang seharusnya dilakukan bagi peningkatan kapasitas dan mutu sistem penyelenggaraan pendidikan di wilayah kerjanya. Menjawab permasalahan inilah The CBE hadir melalui program Lokalatih yang dirancang khusus bagi Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota dan Komite Sekolah agar dapat berperan aktif, membentuk jejaring, dan menjalankan agenda-agenda pendidikan transformatif dalam rangka meningkatkan mutu dan kapasitas sistem pendidikan di wilayah kerjanya.
detail
LOKALATIH PENGAJARAN SAINS Di tengah dunia yang makin global, pengajaran sains sebagai salah satu mata pelajaran penting di sekolah mempunyai peran yang penting bagi wpengembangan awasan dan kehidupan para peserta didik kelak. Karenanya, memastikan agar kelas pengajaran sains menjadi kelas inspiratif serta mampu menjadi pembangun pusat keunggulan sekaligus kelas yang paling menyenangkan dan selalu dinanti peserta didik untuk belajar didalamnya menjadi sangat penting. Mutu pembelajaran sains juga dapat mendorong citra positif dan menaikkan nilai tawar sekolah. The CBE menyelenggarakan program Lokalatih Pengajaran Sains untuk membantu sekolah-sekolah mencapai keunggulannya melalui pembelajaran sains yang inspiratif dan efektif.
detail
ASSESMENT SEKOLAHPerkembangan dan Mutu sebuah kelembagaan penyelenggara layanan pendidikan perlu diukur secara berkala agar mampu dibuktikan dan dipertanggungjawabkan pencapaian-pencapaiannya (performance) kepada semua pemangku kepentingan dari kelembagaan tersebut. Pentingnya sebuah pengukuran dan penilaian secara berkala terletak pada hasil-hasil dan temuan atas proses pengukuran serta penilaian tersebut yang dapat diposisikan sebagai bahan sahih atas bukti pencapaian atau perkembangan institusi penyelenggara pendidikan, atau hasil kinerja suatu badan penyelenggara dari institusi pendidikan tersebut. Hal ini semakin diperkuat karena temuan dan hasil kajian dimaksud berasal dari kelembagaan independen diluar pemangku kepentingan lembaga tersebut. Pihak Yayasan atau Badan Penyelenggara Pendidikan dapat memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan gambaran lengkap atas pencapaian kelembagaan maupun kinerja Badan Pengelola Pendidikan dengan difasilitasi oleh tim Asessor dari The CBE.

Tidak ada komentar: