Kamis, 10 April 2008

Saya setuju tentang pengertian pendidikan yang pertama yaitu pendidikan merupakan upaya yang nyata untuk memfasilitasi individu lain dalam mencapai kemandirian serta kematangan mentalnya sehingga dapat survive dialam kompetisi kehidupannya.sebab seseorang membutuhkan bekal untuk menghadapi hidupnya kelak.maka pendidikanlah yang mempunyai banyak peran dalam menunjang kehidupannya mendatang.dengan pendidikan seseorang dapat mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan potensi individu.baik dalam aspek individualitas,social,dan religius.misalnya saja bayi yang baru lahir kepribadiannya belum terbentuk,belum mempunyai warna dan corak kepribadian yang tertentu.ia baru merupakan individu,belum suatu pribadi.untuk menjadi suatu pribadi perlu mendapat bimbinga,latihan,dan pengalaman melalui bergaul denga lingkangannya.khususnya dengan lingkungan pendidikan.bagi mereka yang sudah dewasa tetap dituntut pengembangan diri agar kualitas kepribadian meningkat serempak dengan meningkatnya tantangan hidup yang selalu berubah.dalam hubungan ini dikenal dengan apa yang disebut pendidikan sepanjang hidup.pembentukan pribadi mencakup pembentukan cipta,rasa,karsa(kognitif,afektif dan psikomotor)yang sejalan dengan pengembanga fisik.

Perbedaan pendidikan dan pengajaran
Jika pendidikan berhubungan dengan seluruh asapek kepribadian dan potensi individu sedangakan pengajaran merupakan kegiatan secara akumulatif dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan .
Posisi eskalasi mental seseorang berada pada tingkatan yang normal .ketika dia masih kecil,sifatnya juga masih kekanak kanakan.Ketika sudah dewasa sifat pribadinya dan mentalnya juga dewasa.